Tuesday, February 14, 2012

Pengertian & Definisi Kebidanan

Mengingat masih tingginya angka kematian ibu dan perinatal di Indonesia (tertinggi di ASEAN), sehingga bidang pelayanan kebidanan masih memerlukan perhatian. Ini dikarenakan sebagian besar proses persalinan masih ditangani oleh dukun beranak. Memang tidak mudah mengganti dukun beranak dengan tenaga kesehatan yang handal. Namun sudah menjadi tugas pemerintah untuk menghindari semakin meningkatnya jumlah kematian ibu dan bayi selama proses persalinan tersebut dengan cara meningkatkan bidang pelayanan kebidanan. 
 
Berikut ini adalah pengertian dan definisi kebidanan:
 
SAFRUDIN & HAMIDAH
Kebidanan merupakan subsitem pelayanan kesehatan, hasil pendidikan dan penelitian yang melandasi praktik
 
RATNA HIDAYATI
Kebidanan merupakan cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari semua hal yang berkaitan dengan lahirnya anak
 
IDA BAGUS GDE MANUABA
Kebidanan ialah ilmu yang mempelajari tentang kehamilan, persalinan, dan kala nifas serta kembalinya alat reproduksi ke keadaan normal
 
PENNY SIMKIN, JANET WHALLEY & ANN KEPPLER
Dokter kandungan atau kebidanan adalah dokter lulusan dari fakultas kedokteran atau osteopatik yang menekankan hubungan antara tulang dan otot
 
SUSAN ROSS
Kebidanan adalah profesi yang sangat altruistik
 
CHRIS BROOKER
Kebidanan adalah profesi yang mencakup kompetensi dalam tenaga kerjanya
 
MANUABA, CHANDRANITA MANUABA, FAJAR MANUABA
Kebidanan adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai aspek alat reproduksi yang sedang hamil, sejak saat konsepsi bersalin sampai masa kala nifas berakhir
 
KEES BERTENS
Kebidanan adalah spesialisasi medis yang dikembangkan khusus supaya bayi baru lahir dapat lahir dengan selamat dan kondisi kesehatan terjamin
 
Definisi nifas. Kebidanan. Pengertian nifas. Pengertian who. Kebidanan adalah. Pengertian angka kematian bayi. Pengertian dukun beranak.
Definisi kebidanan. Gambar kebidanan. Pengertian angka kematian ibu. Definisi kehamilan menurut para ahli. Pengertian pelayanan kebidanan. Arti bidan. Definisi angka kematian ibu.
Hubungan budaya dengan nifas. Pengertian ibu bersalin. Definisi pelayanan kebidanan. Konsep persalinan. Pengertian kematian. Berubah dalam dunia kebidanan. Konsep ibu.
Pengertian melahirkan. Pengertian kehamilan menurut para ahli. Pengertian dukun. Definisi dan pengertian kebidanan. Pengertian rumah sakit umum. Perubahan definisi bidan. Alat kesehatan kebidanan.
Pengertian berubah dalam dunia kebidanan. Ilmu kebidanan baru. Konsep pelayanan kebidanan. Pengertian dan arti bidan. Definisi angka kematian bayi. Definisi kematian ibu menurut who. Pengertian paraji.
Definisi ibu. Defenisi ibu. Pengertian kematian bayi. Pengertian bidang melahirkan. Definisi bersalin. Definisi paraji. Konsep bidan.
Definisi kematian ibu. Penjelasan dukun beranak. Pengertian kematian ibu. Arti kebidanan. Definisi bidan menurut who. Pengertian angka kematian ibu dan bayi. Defenisi bidan.
Definisi ibu bersalin. Pengertian ibu nifas. Apa pengertian dari ddst dalam ilmu kebidanan. Definisi perubahan kebidanan. Pengertian hubungan budaya dengan nifas. Video bidan. Perubahan dalam dunia kebidanan.
Definisi kematian. Makalah angka kematian ibu. Pengertian ibu hamil menurut para ahli. Konsep bersalin. Dukun beranak bidang kesehatan. Definisi melahirkan. Pengertian dari paraji.
Hubungan ilmu kebidanan dengan agama islam. Persalinan. Laporan pendahuluan bbl. Alat bbl pada ilmu kebidanan. Ilmu kebidanan terbaru. Laporan pendahuluan nifas. Arti nifas.
Pengertian agama dalam kebidanan. Pengertian kematian ibu dan bayi. Hubungan agama islam dengan bidan. Arti ibu menurut para ahli. Definisi proses persalinan. Hal yang berhubungan dengan kebidanan. Pengertian nifas menurut who.
Definisi angka kematian ibu dan bayi. Makalah adat istiadat madura yang meliputi kehamilan persalinan masa nifas. Model pakaian bidan kesehatan. Pengertian dari kehamilan. Pengertian bayi baru lahir. Pengertian ibu hamil menurut who. Pengertian berubah dalam dunia bidan.
Definisi angka kelahiran ibu dan bayi. Apa pengertian bidan. Budaya bali pada ibu nifas. Pengertian angka kematian ibu menurut who. Baju bidan. Pengertian kehamilan persalinan nifas. Defenisi anak menurut ilmu kesehatan.
Contoh makalah bidan sunda. Pengertian bidang. Perubahan defenisi bidan. Definisi kehamilan yang terbaru. Pengaruh budaya dengan bersalin ke bidan. Makalahadat istiadat suku madura. 5 berita kesehatan di bidang kebidanan

Sumber : http://carapedia.com

No comments:

Post a Comment